Integreated
Marketing Communication(IMC)
merupakan sebuah proses strategi bisnis dalam mengelola hubungan dengan
konsumen untuk menggerakkan brand value
perusahaan dengan berbagai elemen komunikasi pemasaran , seperti public relation, advertising, personal selling, sales promotion, dan interactive marketing,
untuk memberikan kejelasan, serta pengaruh komunikasi yang maksimum.
Ada beberapa
alasan mengapa IMC mendapat sambutan positif antara lain, merek adalah ekuitas
yang terpenting. Oleh karena itu, IMC adalah senjata utama untuk membangun
persepsi, citra dan merek yang kuat dimana konsumen memiliki hubungan yang kuat
dengan sebuah merek. Kemunculan strategi
4P( Product, Price, Place, Promotion)
salah satu factor yang menandai
munculnya komunikasi pemasaran terpadu, dengan tidak hanya menggunakan iklan
melainkan juga menggunakan PR.
Dalam melaksanakan
IMC, hal pertama yang diperhatikan adalah Target
Market dan Target Audience. Target market merupakan siapa yang
mengonsumsi produk kita. Target audience merupakan siapa yang menjadi sasaran
program komunikasi. Kedua, Message
Strategy adalah konsep, penetrasi pesan (pendekatan dan daya tarik), serta
eksekusi pesan. Ketiga, Media Strategy merupakan kombinasi penggunaan media massa, interpersonal,
dan interaktif. Keempat, Line Elements meliputi soft-sell (advertising,public
relation,interactive marketing) dan hard-sell ( personal selling, direct marketing, sales promotion).Kelima, Budget
Top-down (modal tersedia dari
awal) atau bottom-up ( melihat biaya yang dibutuhkan dalam
penyususan rencana dan bagaimana pengaloasiannya).
Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan
Integretead Marketing Communication (IMC) adalah Mc Donald’s. McDonald’s sebagai salah satu perusahaan
yang bergerak di industri makanan siap saji telah mampu membidik pasarnya
secara tepat dengan berbasis pada customernya.
Advertising
Iklan McDonald’s memiliki tiga tujuan yaitu untuk membuat orang menyadari item,merasa positif tentang hal itu dan ingat , setiap pesan yang tepat harus melalui media yang tepat. McDonald’s menggunakan iklan cetak dan the television program juga merupakan media pemasaran yang penting untuk promotion. Dalam iklannya McDonald’s memiliki slogan unggulan agar dapat diingat oleh konsumen yaitu i'm lovin' it (2003- ... ba-daba-baba...i'mlovin'it. .... —i'm lovin' it

Iklan McDonald’s memiliki tiga tujuan yaitu untuk membuat orang menyadari item,merasa positif tentang hal itu dan ingat , setiap pesan yang tepat harus melalui media yang tepat. McDonald’s menggunakan iklan cetak dan the television program juga merupakan media pemasaran yang penting untuk promotion. Dalam iklannya McDonald’s memiliki slogan unggulan agar dapat diingat oleh konsumen yaitu i'm lovin' it (2003- ... ba-daba-baba...i'mlovin'it. .... —i'm lovin' it
Sales Promotion

Personal Selling
Saat ini
McDonald’s tidak hanya melayani delivery
by phone ke 14045 , tetapi sudah bisa memesan menu McDonald’s secara online
melalui website www.mcdelivery.com Layanan
delivery
ini dapat dinikamti selama 24jam demi memenuhi kebutuhan konsumen.
Interactive Marketing
McDonald’s Seiring waktu telah mensponsori banyak
mobil NASCAR termasuk
mobil Bill Elliott, Jimmy Spencer, Andy
Houston, Kasey Kahne,
dan 2010 Daytona 500
pemenang Jamie McMurray.
Balap McDonald’s tidak hanya mobil
NASCAR sponsor tetapi
juga sponsor seri balap lain / divisi.

sumber:
www.handriirawan.com
www.AdPRO Indonesia.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_McDonald%27s_ad_programs
http://en.wikipedia.org/wiki/McDonald%27s_advertising#Cross_promotions
http://4.bp.blogspot.com/
http://thedesigninspiration.com/wp-content/uploads/2009/08/mcdonald/McDonald-Ads-07.jpg
Komentar
Posting Komentar