Blog Archive

Categories

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

About

Langsung ke konten utama

Integreated Marketing Comunication

Integreated Marketing Comunication (Komunikasi Pemasaran Terpadu)


Integreated Marketing Communication(IMC) merupakan sebuah proses strategi bisnis dalam mengelola hubungan dengan konsumen untuk menggerakkan brand value perusahaan dengan berbagai elemen komunikasi pemasaran , seperti  public relation, advertising, personal selling, sales promotion, dan interactive marketing, untuk memberikan kejelasan, serta pengaruh komunikasi yang maksimum.

Ada beberapa alasan mengapa IMC mendapat sambutan positif antara lain, merek adalah ekuitas yang terpenting. Oleh karena itu, IMC adalah senjata utama untuk membangun persepsi, citra dan merek yang kuat dimana konsumen memiliki hubungan yang kuat dengan sebuah merek. Kemunculan strategi 4P( Product, Price, Place, Promotion) salah satu factor  yang menandai munculnya komunikasi pemasaran terpadu, dengan tidak hanya menggunakan iklan melainkan juga menggunakan PR.

Dalam melaksanakan IMC, hal pertama yang diperhatikan adalah Target Market dan Target Audience. Target market merupakan siapa yang mengonsumsi produk kita. Target audience merupakan siapa yang menjadi sasaran program komunikasi. Kedua,  Message Strategy adalah konsep, penetrasi pesan (pendekatan dan daya tarik), serta eksekusi pesan. Ketiga, Media Strategy merupakan kombinasi penggunaan media massa, interpersonal, dan interaktif. Keempat, Line Elements meliputi soft-sell (advertising,public relation,interactive marketing) dan hard-sell ( personal selling, direct marketing, sales promotion).Kelima, Budget Top-down (modal tersedia dari awal) atau bottom-up ( melihat biaya yang dibutuhkan dalam penyususan rencana dan bagaimana pengaloasiannya).

Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan Integretead Marketing Communication (IMC) adalah Mc Donald’s. McDonald’s sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di industri makanan siap saji telah mampu membidik pasarnya secara tepat dengan berbasis pada customernya.
  


Advertising 

Iklan McDonald’s memiliki tiga tujuan yaitu untuk membuat orang menyadari item,merasa positif tentang hal itu dan ingat , setiap  pesan yang tepat harus  melalui media yang tepat. McDonald’s menggunakan iklan cetak dan the television program juga merupakan media pemasaran yang penting untuk promotion. Dalam iklannya McDonald’s memiliki slogan unggulan agar dapat diingat oleh konsumen yaitu i'm lovin' it (2003- ... ba-daba-baba...i'mlovin'it.    ....   —i'm lovin' it


Sales Promotion
   McDonald’s memilliki merchandaise unggulan sebagai salah satu kegiatan promosinya. McDonaldland adalah dunia fantasi yang digunakan dalam pemasaran untuk restoran McDonald. Hal ini didasarkan pada konsep "total dan rasa" dari Sid dan Marty Krofft itu SDM Program Pufnstuf televisi.  McDonaldland dihuni oleh Ronald McDonald dan karakter lain, yang sebelumnya digunakan dalam pemasaran untuk McDonald’s. Selain digunakan dalam iklan, karakter yang digunakan sebagai dasar untuk peralatan di taman bermain terpasang ke beberapa McDonald. McDonaldland telah ditinggalkan dalam pemasaran mereka, serta karakter pendukung, tetapi karakter utama Ronald McDonald masih terlihat dalam iklan dan dalam mainan Happy Meal

Selain itu, McDonald’s sering membuat voucher-voucher paket makanan agar konsumen lebih tertarik untuk membeli produk. 


 Personal Selling
    Saat ini McDonald’s tidak hanya melayani delivery by phone ke 14045 , tetapi sudah bisa memesan menu McDonald’s secara online melalui website www.mcdelivery.com Layanan delivery ini dapat dinikamti selama 24jam demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Interactive Marketing  
    McDonald’s Seiring waktu telah mensponsori banyak mobil NASCAR termasuk mobil Bill Elliott, Jimmy Spencer, Andy Houston, Kasey Kahne, dan 2010 Daytona 500 pemenang Jamie McMurray. Balap McDonald’s tidak hanya mobil NASCAR sponsor tetapi juga sponsor seri balap lain / divisi.












sumber:
        www.handriirawan.com

         www.AdPRO Indonesia.htm

         http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_McDonald%27s_ad_programs

         http://en.wikipedia.org/wiki/McDonald%27s_advertising#Cross_promotions

        http://4.bp.blogspot.com/

        http://thedesigninspiration.com/wp-content/uploads/2009/08/mcdonald/McDonald-Ads-07.jpg







Komentar