Blog Archive

Categories

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

About

Langsung ke konten utama

Segmentasi,Targeting dan Positioning-Marcomm




Definisi Segmentasi,Targeting dan Positioning

SEGMENTASI

Adapun definisi segmentasi menurut beberapa ahli , antara lain;
  • Menurut Solomon dan Elnora (2003:221), segmentasi adalah ”The process of dividing a larger market into smaller pieces based on one or more meaningful, shared characteristic”. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen. Selain itu perusahaan dapat melakukan program-program pemasaran yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan khas masing-masing segmen.
  • Thompson (2000) menyatakan bahwa tantangan dalam pemasaran adalah untuk mengidentifikasi pasar potensial yang menguntungkan untuk dilayani karena jarang sekali satu program pemasaran dapat memuaskan pasar yang heterogen yang berbeda selera dan karakteristik untuk itu diperlukan segmentasi pasar. 
  • Huan dan liu (2003) menyatakan bahwa segmentasi adalah melihat pasar secara kreatif, segmentasi merupakan seni mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar. Pada saat yang sama segmentasi merupakan ilmu (science) untuk memandang pasar berdasarkan variabel geografis, demografis, psikografis dan perilaku.
  • Swastha & Handoko (1997) mengartikan segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
  • Pride & Ferrel (1995) mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi adalah suatu tindakan melihat pasar secara kreatif dengan membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen yang memiliki kesamaan dalam hal minat, demografis, geografis, perilaku pembelian maupun gaya hidup. Segmentasi berperan penting dalam sebuah perusahaan. Hal itu dikarenakan, segmentasi dapat dengan jelas memberian gambaran segmen posisi pasar perusahaan. Selain sebagai acuan dalam menentukan target dan positioning, segmentasi merupakan cara unik memandang pasar sehingga dapat mengalahkan pesaing.


TARGETING

    Setelah perusahaan mengidentifikasi peluang segmen pasar, selanjutnya mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target market. Targeting merupakan proses mengevaluasi dan membandingkan berbagai segmen pasar, kemudian  memilih beberapa diantaranya sebagai pasar sasaran yang berpotensi paling besar untuk dilayani secara efektif dan efisien oleh perusahaan.
     Menurut Solomon dan Elnora (2003:232), Target market ialah ”Group that a firm selects to turn into customers as a result of segmentation and targeting”. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat dua faktor yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan serta tujuan dan resource perusahaan (Kotler, 2003).
Ketika melakukan proses targeting haruslah tepat dalam menuntukan target, agar target audience yang dituju jelas dan focus. Hal ini dimaksudakan agar kita dapat dengan mudah menentukan strategi yang sesuai sehingga menarik perhatian target audience.

POSITIONING

Adapun definisi positioning menurut beberapa ahli , antara lain;

  • Solomon, dan Elnora (2003:235), Positioning ialah penentuan posisi pasar menunjukkan bagaimana suatu produk dapat dibedakan dari para pesaingnya.
  • Kotler (1997: 262): “Positioning is the act of designing the company’s offer so that it occupies a distinct and value placed in the target customer mind”.Maknanya, mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai.
  • Cravens (1991:255),keputusan pemilihan target pasar merupakan titik vokal dari strategi pemasaran itu sendiri dan menjadi dasar dalam menentukan tujuan dan pengembangan strategi positioning.
  • Fanggidae, 2006, menyatakan positioning adalah suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk. Dengan kata lain sebagai usaha menempatkan sesuatu dalam pikiran orang dengan terlebih dahulu memberikan informasi tentang segala sesuatu seperti fasilitas, program yang diberikan, dosen yang dimiliki dengan cara penyuguhan kualitas pelayanan dan bagaimana mempresentasikannya.
  • Yoram Wind, dalam Kotler et all 2003 menyatakan positioning sebagai reason for being yaitu bagaimana mendefinisikan identitas dan kepribadian perusahaan di benak konsumen.
Dari beberapa pernyataan diatas tentang definisi positioning dapat disimpulkan bahwa langkah  suatu perusahaan untuk mendesain citra dan produk agar berbeda dengan produk pesaing sehingga dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Merebut  kepercayaan pelanggan merupakan tindakan positioning. Strategi positioning merupakan faktor utama dalam meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan di suatu pasar tertentu dibanding pesaing-pesaingnya.




Sumber :
http://saridewihidayani.multiply.com/journal/item/11
http://www.denbagus.com/
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/09/strategi-pemasaran-marketing-strategy.html
http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2168814-definisi-segmentasi-pasar/

Komentar