Definisi Segmentasi,Targeting dan Positioning
SEGMENTASI
Adapun
definisi segmentasi menurut beberapa ahli , antara lain;
- Menurut Solomon dan Elnora (2003:221), segmentasi adalah ”The process of dividing a larger market into smaller pieces based on one or more meaningful, shared characteristic”. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen. Selain itu perusahaan dapat melakukan program-program pemasaran yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan khas masing-masing segmen.
- Thompson (2000) menyatakan bahwa tantangan dalam pemasaran adalah untuk mengidentifikasi pasar potensial yang menguntungkan untuk dilayani karena jarang sekali satu program pemasaran dapat memuaskan pasar yang heterogen yang berbeda selera dan karakteristik untuk itu diperlukan segmentasi pasar.
- Huan dan liu (2003) menyatakan bahwa segmentasi adalah melihat pasar secara kreatif, segmentasi merupakan seni mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar. Pada saat yang sama segmentasi merupakan ilmu (science) untuk memandang pasar berdasarkan variabel geografis, demografis, psikografis dan perilaku.
- Swastha & Handoko (1997) mengartikan
segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat
heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
- Pride & Ferrel (1995) mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.
Berdasarkan pengertian diatas dapat
disimpulkan bahwa segmentasi adalah suatu tindakan melihat pasar secara kreatif dengan membagi
atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen yang memiliki
kesamaan dalam hal minat, demografis, geografis, perilaku pembelian maupun gaya
hidup.
Segmentasi berperan
penting dalam sebuah perusahaan. Hal itu dikarenakan, segmentasi dapat dengan
jelas memberian gambaran segmen posisi pasar perusahaan. Selain sebagai acuan
dalam menentukan target dan positioning, segmentasi merupakan cara unik
memandang pasar sehingga dapat mengalahkan pesaing.
TARGETING
Setelah
perusahaan mengidentifikasi peluang segmen pasar, selanjutnya mengevaluasi
beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target market.
Targeting merupakan proses mengevaluasi dan membandingkan berbagai segmen
pasar, kemudian memilih beberapa diantaranya
sebagai pasar sasaran yang berpotensi paling besar untuk dilayani secara
efektif dan efisien oleh perusahaan.
Menurut
Solomon dan Elnora (2003:232), Target market ialah ”Group that a firm selects
to turn into customers as a result of segmentation and targeting”. Dalam
mengevaluasi segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat dua faktor
yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan serta tujuan dan resource perusahaan
(Kotler, 2003).
Ketika
melakukan proses targeting haruslah tepat dalam menuntukan target, agar target
audience yang dituju jelas dan focus. Hal ini dimaksudakan agar kita dapat dengan
mudah menentukan strategi yang sesuai sehingga menarik perhatian target
audience.
POSITIONING
Adapun definisi positioning menurut beberapa ahli , antara lain;
- Solomon, dan Elnora (2003:235), Positioning ialah penentuan posisi pasar menunjukkan bagaimana suatu produk dapat dibedakan dari para pesaingnya.
- Kotler (1997: 262): “Positioning is the act of designing the company’s offer so that it occupies a distinct and value placed in the target customer mind”.Maknanya, mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai.
- Cravens (1991:255),keputusan pemilihan target pasar merupakan titik vokal dari strategi pemasaran itu sendiri dan menjadi dasar dalam menentukan tujuan dan pengembangan strategi positioning.
- Fanggidae, 2006, menyatakan positioning adalah suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk. Dengan kata lain sebagai usaha menempatkan sesuatu dalam pikiran orang dengan terlebih dahulu memberikan informasi tentang segala sesuatu seperti fasilitas, program yang diberikan, dosen yang dimiliki dengan cara penyuguhan kualitas pelayanan dan bagaimana mempresentasikannya.
- Yoram Wind, dalam Kotler et all 2003 menyatakan positioning sebagai reason for being yaitu bagaimana mendefinisikan identitas dan kepribadian perusahaan di benak konsumen.
Dari beberapa pernyataan diatas tentang definisi
positioning dapat disimpulkan bahwa langkah suatu perusahaan untuk
mendesain citra dan produk agar berbeda dengan produk pesaing sehingga dapat
tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Merebut kepercayaan pelanggan merupakan tindakan
positioning. Strategi positioning merupakan faktor utama
dalam meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan di suatu pasar tertentu
dibanding pesaing-pesaingnya.
Sumber
:
http://saridewihidayani.multiply.com/journal/item/11
http://www.denbagus.com/
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/09/strategi-pemasaran-marketing-strategy.html
http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2168814-definisi-segmentasi-pasar/
Komentar
Posting Komentar